Sabtu, 07 September 2013

CONTOH NASKAH PIDATO KEMERDEKAAN


Ini pidato buatan Linda Listyowati mahasiswa Pendidikan Inggris Universitas Jember, makasih mbak lin buat pidatonyasukses aku menyampaikannya ^^

Assalamu’alaikum Wr. Wb dan selamat pagi untuk kita semua.
Yang saya hormati Ibu Diah selaku guru Bahasa Indonesia dan seluruh teman-teman XI IPA 2 yang saya sayangi dan saya banggakan.
Pada pagi hari yang cerah ini, marilah kita mengucapkan syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa, karena atas Rahmat dan Hidahnya kita masih diberi kesehatan sampai detik ini sehingga kita semua dapat berkumpul di ruangan ini dalam keadaan sehat walafiat. Tak lupa shalawat serta salam tetap tercurahkan kepada junjungan Nabi besar Muhammad SAW. Dimana beliaulah yang telah membawa cahaya kehidupan dari zaman jahilliyah hingga zaman yang terang benderang seperti sekarang ini.
Ibu guru dan teman-teman yang saya sayangi,
Pada pagi ini, pidato saya memiliki tema kemerdekaan. Dimana pada tanggal 17 Agustus kemarin, kita semua telah memperingati dan merayakan hari kemerdekaan bangsa Indonesia, hari dimana bangsa Indonesia dinyatakan merdeka setelah para pahlawan berjuang hingga titik darah penghabisan. Untuk menghargai jasa pahlawan Indonesia, kita sebagai generasi penerus bangsa harus mempertahankan kemerdekaan ini dan dapat mengisinya dengan nilai-nilai positif untuk bangsa kita.
Teman-teman yang saya banggakan,
Saya dan kalian semua adalah teman-teman seperjuangan. Kita sama-sama berjuang untuk mengisi kemerdekaan. Lalu, bagaimana cara kita mengisi kemerdekaan tersebut? Sebagai generasi muda penerus bangsa, kita sebagai pelajar tentu harus rajin belajar, kita harus memiliki cita-cita yang tinggi untuk bangsa serta, menjadi pemuda yang inovatif, kreatif, dan aktif. Sebenarnya masih banyak yang dapat kita lakuakan untuk mengisi kemerdekaan, tetapi sebagai seorang pelajar tentu kewajiban kita adalah belajar, dengan belajar kita dapat membuka dunia. Dimana aka ada banyak sekali ilmu yang harus kita miliki agar apa yang kita cita-citakan terwujud. Dan apabila cita-cita kelak sudah terwujud, tugas kita adalah mensejahterakan bangsa Indonesia, bangsa yang telah menjadi saksi hidup dan perjalanan kita meraih cita-cita. Kita harus bisa mengamalkan ilmu yang kita peroleh untuk mewujudkan bangsa Indonesia yang lebih adil, aman dan sejahtera. Selain belajar, kita juga bisa mengisi kemerdekaan dengan bergabung dalam suatu organisasi di sekitar kita, seperti organisasi OSIS, Kepramuka dan Agama atau mungkin organisasi di masyarakat sebagai contohnya, Karang Taruna.
Teman-teman yang saya sayangi,
Kita harus tahu, bahwa organisasi adalah sebuah wadah dimana kita akan mengemban berbagai amanat dan yang jelas tujuannya untuk kepentingan bersama. Dalam organisasi kita pun juga bisa belajar berbagai macam ketrampilan yang mungkin sebelumnya kita belum pernah mengetahuinya, seperti bagaimana cara menjadi ketua, wakil, dan bendahara yang baik dan benar, serta ketrampilan yang berada dalam beberapa seksi, seperti, pubdekdok, humas dan sebagainya.
Teman-teman yang saya sayangi
Mengisi kemerdekaan itu bisa kita lakukan dengan cara apapun, asalkan hal itu mempunyai nilai-nilai postif bagi diri kita sendiri dan yang paling penting untuk bangsa Indonesia. Amrilah kita merubah kebiasaan kita yang mungkin selama ini hanya berpangku tangan dan bermalas-malasan, mari kita berusaha dan berjuang untuk bangsa Indonesia. Jadilah pemuda yang berguna untuk bangsa, jangan pernah tanyakan apa diberikan Negara untukmu tetapi, tanyakan apa yang sudah kau berikan kepada bangsamu?. Jadi jangan pernah menyerah, meskipun kadang kita harus jatuh atau gagal, namun kita haus semangat dan bangkit kembali.
Ibu guru dan teman-teman saya tercinta,
Demikianlah pidato tentang kemerdekaan yang bisa saya sampaikan pada pagi hari ini, semoga bisa membawa manfaat bagi kita semua, apabila ada salah dan kalimat yang kurang berkenan di hati Ibu dan teman-teman, saya mohon maaf lahir dan batin, karena manusia memang tempatnya salah dan kesempurnaan hanyalah milik Tuhan Yang Maha Esa. Terima kasih atas perhatian Ibu Guru dan teman-teman. Semangat dan merdeka !!!
Selamat pagi dan wassalamualaikum wr.wb.

Tidak ada komentar: